Artikel-artikel sederhana tentang seluk-beluk Dunia IT.

Motivasi Menulis

Illegal System DLL Relocation

Entah apa yang dibenak komputerku, tiba tiba saat aku membuka salah satu apalikasi langsung muncul pesan "Illegal System DLL Relocation" mungkin sobat juga pernah mengalami hal yang serupa dengan saya. saat akan menjalankan sebuah progam aplikasi muncul pesan kesalahan yang intinya mengarah pada file SHELL32.dll.
Saya berfikir panjang tentang dialog pesan kesalahan muncul dan diagnosa saya mengarah pada file SHELL32.DLL yang lokasinya di C:\Windows\system32. saya pun berfikiran dengan apalikasi yang sebelumnya saya install, windows upadate service pack 3 (upadate file dari service pack 2 menjadi sp 3 dan Seven Remix (software mengubah menjadi tampilan seven) dua aplikasi itu yang mulai saya curigai. setelah berfikir panjang untuk memecahkan masalah ini akhirnya saya menyimpulkan bahwa file SHELL32.dll kemungkinan crass saat saya menginstall dua aplikasi tadi, skenarionya dapat saya jelaskan seperti ini:
"Ketika saya menjalankan sebuah aplikasi, aplikasi tersebut akan me-load DLL versi lebih lama. Ketika saya keluar dari aplikasi ini, DLL yang tadi masih ada di dalam memori. Kemudian saya membuka progam aplikasi lain yang me-load DLL yang sama namun versinya sedikit lebih baru, maka alhasil terjadilah masalah. Aplikasi yang kedua dijalankan bertabrakan dengan DLL versi lama terjadilah crash." akhirnya saya berniat untuk mengganti file SHELL32.dll yang crash. Pesan kesalahan seperti gambar di bawah ini :


Apabila sobat mengalami sepeti hal diatas seperti saya, sobat bisa ikuti langkah langkah saya untuk memecahkan masalah tersebut.
  1. pertama, masuk ke direktori c:\Windows\system32\ dan backup terlebih dahulu direktori system32 ke partisi lain selain C, misalnya di partisi D 
  2. masuk lagi ke direktori c:\Windows\system32\, cari dan sorot file dengan nama SHELL32.dll 
  3. klik kanan, pilih propertis, klik tab version, dan catat file versionnya. contoh: 6.00.2900.5512 (xpsp.080413-2105) 
  4. langkah selanjutnya kita harus mencari di internet SHELL32.dll yang masih fresh alias tidak crash 
  5. tidak usah khawatir saya sudah siapkan file SHEL32.dll, sobat dapat mengunduh nya disini
  6. setelah diunduh, coppykan file yang baru saja diunduh ke direktori C:\Windows\system32\ namun hal ini tidak akan berhasil maka cara pintasnya gunakan booting linux live cd misalnya dengan Ubuntu 
  7. restart pc, setting boot firstnya ke CD-ROM dan tekan F10 untuk menyimpan setting tadi, sebelumnya cd ubuntu sudah dimasukan ke drive CD 
  8. setelah masuk ke layar screen ubuntu pilih option yang menyatakan Live cd dan tunggu beberapa menit sampai ubuntu menampilkan dekstopnya 
  9. kemudian klik place, my computer, cari partisi system windows, masuk ke direktori \Windows\system32 
  10. copykan file SHELL32.dll yang baru saja sobat unduh ke direktori \Windows\system32 
  11. setelah itu restart pc, serta jangan lupa masuk ke bios dan kembilakan setting first bootnya ke HDD (hardisk), tekan F10 untuk menyimpannya 
  12. biarkan pc masuk ke system operasi windows, dan coba lihat apakah aplikasi yang tidak bisa dibuka sebelumnya dapat dibuka kembali dengan normal?? semoga saja berhasil Amiinn..
note = file SHELL32 yang saya maksud adalah version 6.00.2900.5512 pada xp sp 3, namun sebelumnya apabila mendapatkan masalah halnya seperti saya namun beda sp maka hendaknya sobat cek dulu file SHELL32.dll pada systemnya. Setelah mengetahui tinggal cari SHELL32 dengan versi yang dimaksud di internet, kemudian sobat dapat mengikuti langkah-langkahnya untuk mengganti file crash tersebut.
apabila setelah dicopy hasilnya windows dalam bahasa china, sobat dalam memanfaat aplikasi pengubah bahasa bisa di unduh disini.

Terimakasih cukup sekian artikel tentang Illegal System DLL Relocation semoga dapat bermanfaat
Labels: artikel computer, Trik and Tips

Thanks for reading Illegal System DLL Relocation. Please share...!

6 komentar on Illegal System DLL Relocation

  1. Maaf ada alternafit lain kah selain menggunakan CD-ROM ??
    karena CD-ROM d PC saya rusak... :(
    mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  2. thanks infonya,aku sekarang bisa buka camfrog srver lagi :D

    BalasHapus
  3. tanpa cd-rom bisa lah mas, atau pakai flashdisk aja.

    BalasHapus
  4. Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

    BalasHapus
  5. It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us.

    BalasHapus
  6. Nice post, things explained in details. Thank You.

    BalasHapus

Blog ini dofollow jadi jangan lupa berikan komentar, No Spam !!!.

Back To Top