Artikel-artikel sederhana tentang seluk-beluk Dunia IT.

Motivasi Menulis

Convert Video di Debian - Ubuntu Menggunakan MMC (Mobile Media Converter)

Saya pernah berpikiran apakah ubuntu bisa meng-convert video ke MP3, 3GP, AMR, WMA, OGG, WAV, MPEG, AVI, MP4, etc??? itu muncul kita pertama kali saya menggunakan ubuntu 9.10 karnanya saya dulunya memakai jendela alias wedos alias windows  yang sering mengconvert file - file video ke berbagi format.
tapi apapun itu masalahnya pasti ada jalan. Akhirnya saya nemuin solusinya. Oke saya langsung saja.

Di linux, khususnya distro debian - ubuntu dan turunannya anda bisa menggunakan applikasi MMC (Mobile Media Converter) untuk melakukan convert video ke berbagai media format lainnya, applikasi ini saya dapat dari situs disini
Applikasi ini bisa anda download di disini

Setelah di download, dobel klik hasil download tersebut. maka otomatis applikasi MMC akan tampil di Application - Sound & Video - (instal applikasinya mudah kan
)
Bagi teman - teman penggemar berat CLI (Command Line Interface) melalui konsole anda bisa menginstallnya dengan cara di bawah ini.


archive@adhie:~$ wget -c http://www.miksoft.net/products/mmc_1.5.0_i386.deb
--2009-10-09 09:04:24-- http://www.miksoft.net/products/mmc_1.5.0_i386.deb
Connecting to 192.168.3.1:8080... connected.
Proxy request sent, awaiting response... 200 OK
Length: 4108096 (3.9M) [text/plain]Saving to: `mmc_1.5.0_i386.deb'100%[======================================>] 4,108,096 34.6K/s in 2m 3s

2009-10-09 09:06:29 (32.5 KB/s) - `mmc_1.5.0_i386.deb' saved [4108096/4108096]

archive@adhie:~$ sudo dpkg -i mmc_1.5.0_i386.deb
[sudo] password for archive:
Selecting previously deselected package mobilemediaconverter.
(Reading database ... 127188 files and directories currently installed.)
Unpacking mobilemediaconverter (from mmc_1.5.0_i386.deb) ...Setting up mobilemediaconverter (1.5.0) ...
archive@adhie:~$

Contoh di bawah ini, saya mengconvert video "Paramore-Use.Somebody-Kings.Of.Leon.Cover-Live.Lounge.mp4" ke Format MP3.
Format media yg di support oleh applikasi ini cukup banyak, anda bisa melihat daftarnya di bawah ini


Applikasi ini juga memiliki fungsi tambahan untuk mendownload video dari situs youtube.com
seleasai dech. saya pikir open juga ga kalah hebat, contohnya distro debian ini jadi buat apa kita pertahanin SO yang bajakan toh masih banyak distro linux lainnya yang lebih hebat da tentunya legal donk.. apalagi dari tahun ke tahun open source selalu membenahi dirinya. oya saya lupa barang kali Software MMC ini dapat digunakan di versi Ubuntu selanjutnya, di coba aja ga ada salahnya kan buat pengalaman.

Labels: artikel linux, Ubuntu

Thanks for reading Convert Video di Debian - Ubuntu Menggunakan MMC (Mobile Media Converter). Please share...!

0 Komentar untuk "Convert Video di Debian - Ubuntu Menggunakan MMC (Mobile Media Converter)"

Blog ini dofollow jadi jangan lupa berikan komentar, No Spam !!!.

Back To Top